logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Fokus Pengumuman

  • klik untuk melihat

Berita Terkini

BEDAH BERKAS DAN EKSAMINASI PUTUSAN KORWIL IV PTA PADANG

Bertempat di hotel Safari Kota Pariaman, pada tanggal 9 Mei 2018 diadakan bedah berkas dan eksaminasi putusan  oleh Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Korwil IV PTA Padang yang  diikuti oleh 4 (empat) Pengadilan Agama Pariaman, Maninjau, Lubuk Basung dan Talu. Acara  ini dibuka langsung oleh Ketua PTA Padang YM. Bapak Drs. H. Hasan Basri Harahap, SH., MH dan didampingi oleh Ketua IKAHI Cabang PTA Padang, Bapak Drs. H. Marwan Am, M.HI serta  Hakim Tinggi masing-masing Bapak Drs. H. Thamrin Habib, SH., M.HI dan Drs. H. Risman Sds, M.HI. yang bertindak juga sebagai nara sumber.

Dalam acara pembukaan Ketua PTA Padang, sangat apresiasif atas diadakannya bedah berkas ini, dan mengaharapkan agar dapat dilanjutkan pada hari-hari yang akan datang. Karena memang banyak sekali manfaatnya untuk lebih menambah pengalaman khususnya dalam bidang teknis yustisial. Meskipun acara ini berlangsung atas swadaya hakim, beliau juga berharap kiranya agenda seperti ini dapat dimasukkan dalam program kerja yang didanai oleh DIPA, karena selama ini dibidang kepaniteraan sangat sedikit sekali diadakan bimtek padahal output dari pengadilan adalah di bidang  kepaniteraan.

Adapun peserta bedah berkas kali ini dihadiri oleh 42 orang peserta yang terdiri dari Hakim, Panitera, Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti dari masing-masing Pengadilan Agama.

Acara yang dimulai pukul 8.30 WIB dan berakhir sampai pukul 16.00 WIB tersebut berlangsung seru, serius namun santai hingga mendapat respon yang baik dari KPTA Padang maupun Hakim Tinggi Pengawas. Dalam pelaksanaannya, PA Pariaman mengetengahkan berkas perkara harta bersama dengan Register  Nomor 0046/Pdt.G/2016/PA.Prm sedaangkan PA Maninjau dengan perkara Cerai Talak dengan Register  Nomor 0142/Pdt.G/2017/PA.Min, PA Lubuk Basung perkara Harta Bersama Register  Nomor 0054/Pdt.G/2017/PA.LB, dan PA Talu  perkara Cerai Gugat Register  Nomor 0253/Pdt.G/2017/PA.Talu.

Diakhir acara yang ditutup oleh Drs. H. Thamrin Habib, SH., M.HI, beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh peserta yang tidak bergerak dari tempat duduk sejak pembukaan sampai penutupan. Semuanya serius mengikuti acara, penuh dengan debat dan diskusi yang panjang, namun karena keterbatasan waktu, maka tidak semua permasalahan dapat terjawab dengan sempurna, untuk itu hasil diskusi ini nanti akan dibahwa dalam forum diskusi Hakim di PTA Padang yang selanjutnya akan disistribusikan kembali ke Pengadilan Tingkat pertama untuk dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas khususnya di bidang teknis yustisial.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2016 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi