logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Fokus Pengumuman

  • klik untuk melihat

Berita Terkini

Badilag Menggelar Fit and Proper Test Calon Ketua PA Kelas IA Tertentu (6/11)

Badilag Menggelar Fit and Proper Test Calon Ketua PA Kelas IA Tertentu

Jakarta | Badilag.net

Diitjen Badilag kembali menyelenggarakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon ketua pengadilan agama kelas IA tertentu, di Jakarta, Selasa (6/11/2012).

Fit and proper test ini semula direncanakan akan diikuti 35 peserta, tapi satu peserta tidak hadir karena sedang menjalankan ibadah haji. Mereka terdiri dari 16 ketua PA kelas IA, 6 wakil ketua PA kelas IA dan 13 ketua PA kelas IB.

Adapun yang termasuk dalam PA Kelas IA tertentu adalah PA Medan, PA Palembang, PA Jakarta Pusat, PA Jakarta Selatan, PA Jakarta Utara, PA Jakarta Timur, PA Jakarta Barat, PA Bandung, PA Semarang, PA Yogyakarta, PA Surabaya, PA Mataram, dan PA Makassar.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial Ahmad Kamil. Ia didampingi Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Purwosusilo.

Ahmad Kamil mengatakan, kegiatan ini merupakan syarat penjenjangan karir bagi para hakim yang bersangkutan. “Tidak bisa disamakan antara hakim yang sudah pernah mengikuti kegiatan ini dan yang belum,” tuturnya.

Melihat beberapa peserta yang sudah senior dari segi pangkat, Ahmad Kamil sempat bercanda bahwa mereka seharusnya diangkat menjadi pimpinan PA kelas IA atau hakim tinggi tanpa harus melalui fit and proper test.

“Saya lihat ada peserta yang sudah berjenggot, tapi masih dites. Saya perhatikan sebagian wajah sudah terlihat pucat," guraunya, diikuti tawa para peserta.

Ahmad Kamil menyampaikan bahwa tidak tertutup kemungkinan, hasil nilai fit and proper test bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk diangkat menjadi hakim tinggi.

“Kalau nilainya excellent bisa dipertimbangkan untuk diangkat menjadi hakim tinggi,” ujarnya.

Materi Ujian

Purwosusilo mengatakan  ada tujuh materi yang diujikan dalam fit and proper test. Tiap materi diuji oleh satu penguji.

Penguji pertama adalah Ketua Muda Ulldilag Andi Syamsu Alam. Ia menguji masalah kepribadian yang meliputi visi, misi dan wawasan. Penguji kedua adalah Ketua Muda Pengawasan Timur P Manurung yang menguji masalah Pedoman Perilaku Hakim.

Penguji ketiga adalah Ketua Muda Pembinaan Widyatno S. Harjono. Ia memfokuskan diri pada masalah Manajemen Kepemimpinan.

Penguji keempat Hakim Agung Abdul Manan dengan materi yang diujikan Kemampuan Teknis Hukum. Penguji kelima Hakim Agung Habiburrahman yang menguji materi Administrasi Peradilan.

Penguji keenam adalah Hakim Agung Muchtar Zamzami dengan materi yang diujikan bahasa arab (bahsul kutub). Sedangkan penguji ketujuh adalah mantan Dirjen Badilag Wahyu Widiana yang menguji materi Teknologi Informasi.

Teknik Pelaksanaan

Dari total peserta dibagi menjadi tujuh kelompok, masing-masing terdiri dari lima orang. Selajutnya setiap kelompok memasuki satu ruang ujian yang telah disiapkan oleh panitia. Dengan waktu yang disediakan sekitar 30 menit,  setiap peserta secara bergiliran akan ditanyakan berbagai masalah terkait materi yang diujikan.

Setelah selesai dari ruang ujian pertama, kelompok tersebut keluar ruang ujian pertama dan berpindah menghadap penguji berikutnya dengan dipandu oleh panitia.

Karena terbatasnya ruangan hotel, panitia hanya menyediakan 4 ruang ujian. Hal ini menjadikan tiga kelompok harus menunggu giliran kelompok lain selesai.

Mulai pagi hingga siang hari, empat materi yang diujikan, sedangkan sisanya tiga materi diujikan selepas istirahat makan siang.

“insya Allah dalam sehari ini, tujuh materi selesai diujikan kepada seluruh peserta,” ujar Purwosusilo.

(wahyu setiawan)


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2016 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi